Cara Menghilangkan Karang Gigi Mudah dan Cepat

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Mudah dan Cepat - Cara Membersihkan Karang gigi. Selamat Datang kawan, artikel kali ini akan membahas cara menghilangkan atau membersihkan plak / karang gigi dengan mudah dan cepat. Kebanyakan dari kalian masih banyak yang kurang menyadari tentang perlunya membersihkan karang gigi atau plak yang menempel di bagian bawah gigi. Karang pada gigi dapat menyebabkan penyakit semakin berkembang biak dan bisa menyebabkan gigi kita menjadi rusak. Selain itu, karang pada gigi dapat membuat bau mulut kita menjadi kurang sedap. 

Cara Menghilangkan Karang gigi

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Mudah dan Cepat. Karang gigi atau Plak pada gigi adalah lapisan film lengket yang menempel pada gigi dan biasanya sangat sulit untuk dibersihkan hanya dengan menggunakan sikat gigi. Karang gigi mengandung bakteri yang melepaskan asam perusak enamel. Bila plak gigi dibiarkan dalam waktu lama, plak akan mengeras dan berubah menjadi tartar dan menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi.


Penyebab Karang Gigi

Sebelum membahas bagaimana cara membersihkan karang gigi dengan mudan dan cepat, ada baiknya kita pahami dahulu penyebab munculnya plak atau karang gigi. Banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya karang gigi, diantaranya datang dari makanan dan rasa malas kita untuk menjaga kebersihan mulut. Langsung saja, inilah beberapa penyebab timbulnya plak atau karang gigi:
  1. Tidak rutin menggosok gigi saat sebelum dan sesudah tidur. Selain itu kurang bersih menggosok gigi, sehingga sisa-sisa makan masih bersembunyi di sela-sela gigi.
  2. Terlalu sering makan-makanan yang manis. Jika anda menyukai makanan yang manis, maka beresiko menimbulkan karang gigi. Tidak perlu berlebihan mengkonsumsi kismis, cokelat, permen, kue tart dan makanan manis yang mudah lengket di gigi anda.
  3. Tidak rajin berkumur. Berkumur memang hal yang sepele namun sangat efektif untuk menghilangkan sisa-sisa makanan pada gigi. Biasakan berkumur setelah makan.
  4. Merokok. Kalau anda perokok berat, sudah pasti gigi anda penuh dengan karang gigi. Tembakau dan asap rokok dapat menyebabkan karang gigi dan gigi kekuningan
Karang Gigi

Cara Mengilangkan Karang Gigi dengan Mudah dan Cepat

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan dan membersihkan karang gigi dengan mudah dan cepat. 

Menyikat Gigi Secara Teratur

Salah satu cara untuk membersihkan karang pada gigi dan mencegahnya adalah menyikat gigi secara teratur. Lakukan sikat gigi dua kali sehari atau minimal satu kali sebelum Anda tidur di malam hari. Pastikan Anda menyikat gigi dengan benar, sikat semua bagian gigi dengan gerakan dari atas ke bawah. Pertimbangkan menggunakan sikat gigi elektrik karena lebih efektif membersihkan plak 10-40% ketimbang sikat gigi biasa. Jangan lupa utk membersihkan lidah Anda menggunakan alat pembersih lidah (atau gunakan sikat gigi secara perlahan).

Rajin Berkumur Setelah Makan

Berkumur merupakan cara paling ampuh untuk mengikis karang gigi dan menghalau sisa makanan penyebab karang gigi. Akan sangat membantu jika mengkonsumsi obat kumur dimana sudah terdapat zat aktif penghilang karang gigi sehingga karang gigi akan lebih cepat hilang.

Atau dapat juga berkumur menggunakan mouthwash yang mengandung Plax (contohnya: seperti Listerine). Sebuah studi menunjukkan bahwa berkumur dengan larutan kumur yg mengandung plax sangat efektif untuk membantu menghilangkan plak gigi. 30 detik berkumur dengan plax mampu mengurangi karang gigi sampai 22%, dimana hal ini makin meningkat menjadi 34% bila langsung diikuti dengan menyikat gigi.

Mengunyah Buah-buahan dan Sayuran 

Mengunyah buah-buahan dan sayuran seperti apel, melon, wortel dan seledri dapat membersihkan gigi secara alami. idak hanya menghilangkan sisa makanan, tetapi juga karang gigi dan memperkuat gusi. Selain buah-buahan diatas ada juga buah-buahan lain yang dapat membantu membersihkan gigi, diantaranya adalah buah tomat dan strawberry, Oleskan tomat atau srawberry pada gigi. Biarkan selama 5 menit. Bilas mulut dengan campuran air hangat dan baking soda. Ini membantu untuk menghilangkan karang gigi dan membunuh bakteri dalam mulut.

Membersihkan dengan Benang Gigi (Flossing)

Flossing memiliki fungsi sama pentingnya dengan menyikat gigi untuk membersihkan plak pada gigi. Benang gigi mampu menghilangkan plak yg berada diantara permukaan gigi Anda dimana sikat gigi tidak dapat mencapainya.

Membersihkan ke Dokter Gigi

Menyikat, flossing, ataupun menggunakan mouthwash mengandung Plax memang bisa bisa menghilangkan karang gigi, namun dianjurkan Anda untuk mengunjungi dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali. Dan bila karang gigi sangat banyak dan menumpuk, dokter gigi bisa melakukan scaling & root planning yang mampu membersihkan gigi dari Plak / karang gigi dengan cepat .

Itulah tadi beberapa cara yang dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi. Seseorang yang sudah bertahun-tahun tidak pernah datang ke dokter gigi pasti sangatlah susah untuk menghilangkannya, bahkan jia dia datang ke dokter gigi butuh waktu beberapa kali untuk bisa bersih sungguhan. Maka dari itu, sebelum plak atau karang pada gigi tumbuh, Anda harus tahu cara mencegahnya.

Berikut ini adalah Cara untuk Mencegah Timbulnya Plak / Karang Gigi

  • Batasi makanan ringan, makanan manis & makanan bertepung yang Anda konsumsi setiap harinya sepanjang hari
  • Mengunyah permen karet tanpa gula setelah makan
  • Jangan merokok karena dapat membuat noda pada gigi
  • Bilas mulut Anda dengan air setelah makan, dan jangan lupa menggosak gigi.

Intinya adalah Jagalah kebersihan tubuh Anda, salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Sikatlah gigi Anda secara rutin setiap harinya dan diimbangi dengan berkumur dengan mouthwash, supaya Anda terhindar dari sakit gigi dan penyakit lainnya yang dapat menyerang gigi dan gusi Anda. Selamat Mencoba, Semoga Berhasil...
Share on Google Plus

About Unknown

Terima kasih telah berkunjung di blog kami, mudah-mudahan informasi yang kami sampaikan bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar positif.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment