Cara Mengurangi Nafsu Makan

Cara Mengurangi Nafsu Makan - Cara Menahan Nafsu Makan. Nafsu makan yang tinggi membuat seseorang untuk selalu memiliki hasrat untuk makan dan ngemil makanan ringan. Namun kebiasaan tersebut dapat membuat diri kita menjadi tambah gemuk. Mengurangi nafsu makan biasanya dilakukan oleh seseorang yang sedang dalam proses diet, selain itu dengan menahan nafsu makan, dapat menjaga agar tubuh tetap sehat dan fit. 

Cara Mengurangi Nafsu Makan

Cara Mengurangi Nafsu Makan - Nafsu makan yang berlebih juga tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Kebanyakan penyakit yang datang pada tubuh kita adalah berasal dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Jadi, mengatur pola makan adalah hal yang wajib dilakukan apabila kita ingin tetap sehat. Gunakan cara untuk mengurangi nafsu makan secara alami, biar tubuh juga tetap sehat dan tidak ada efek samping yang terlalu besar. 


Penyebab Nafsu Makan - Beberapa penyebab nafsu makan berlebihan yakni karena begadang, telat makan, dehidrasi, terlalu cepat mengunyah makanan, dan masih banyak lagi. Nah bagi anda yang sedang menerapkan diet untuk mengurangi berat badan, ada baiknya menghindari berbagai penyebab tersebut agar nafsu makan anda tidak naik drastis.

Untuk mengurangi nafsu makan secara alami, bisa dibilang tidaklah mudah karena anda akan melawan diri anda sendiri. Ketika anda mempunyai nafsu makan dan dapat memenuhi nafsu tersebut pasti anda juga merasa senang, namun apabila anda sudah merasakan dampak negatif dari nafsu makan berlebihan tersebut pasti anda akan melakukan apa saja untuk menghentikannya. 


Cara mengurangi nafsu makan yang berlebihan secara alami 


Mengatur Porsi Makan

Porsi makan sangat berpengaruh besar pada nafsu makan anda. Untuk itu mulailah mengatur porsi makan anda, apabila anda terbiasa mengkonsumsi makanan di meja makan mulai sekarang cobalah untuk makan di tempat lainnya. Anda cukup mengambil makanan dengan porsi wajar saja.

Mengkonsumsi Air Mineral 

Mengkonsumsi air mineral dapat membantu untuk menahan nafsu makan anda. Sebelum makan, minumlah 1 sampai 2 gelas air putih, hal tersebut dapat membuat anda cepat kenyang dan nafsu makan anda akan berkurang sehingga tidak akan makan berlebihan.

Memperbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Perbanyaklah mengkonsumsi sayur dan buah untuk menekan nafsu makan anda. Konsumsilah saturan dan buah yang banyak mengandung air dan serat. Air dan serat dapat membantu anda untuk kenyang lebih lama, sehingga anda tidak akan makan atau ngemil berlebihan. Kandungan vitamin yang ada dibuah dan sayur juga dapat membuat tubuh anda menjadi lebih sehat.

Usahakan Supaya Selalu Sarapan Pagi 

Sarapanlah dengan makanan yang mengandung serat serta protein tinggi. Kandungan tersebut akan dicerna oleh tubuh dengan waktu yang lama sehingga membuat anda tidak mudah lapar.

Konsumsi makanan penunda lapar

Tidak sedikit orang merasa lapar saat jam-jam tanggung. Apabila rasa lapar tersebut dibiarkan tentunya akan membuat nafsu makan anda berlebihan. Untuk itu cobalah mengkonsumsi makanan penunda lapar seperti roti, biskuit, susu, dan buah pisang.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengurangi nafsu makan pada diri kita yang terlalu besar. Namun tidak semua orang memiliki nafsu makan yang besar. Ada juga sebagian orang yang nafsu makannya tidak besar namun dia mempunyai tubuh yang agak gemuk. Ada juga, seseorang dengan tubuh yang ramping namun tetap menjaga nafsu makannya supaya tetap terjaga kelangsingannya dan tidak gemuk. 

Berikut ini ada beberapa cara untuk menahan nafsu makan dan kebiasaan ngemil untuk menjaga tubuh tetap langsing dan seksi.
  1. Makan makanan yang sehat dalam jumlah secara teratur (selang 3-5 jam) supaya nafsu makan berkurang. Hal ini sangat efektif untuk mengurangi nafsu untuk makan / ngemil karena penurunan kadar gula dalam darah dapat membuat Anda tiba-tiba terasa lapar dan merasa harus segera makan / ngemil untuk mencukupi kebutuhan gula tersebut.
  2. Cari tahu makanan apa yang tidak bisa Anda tolak untuk dimakan bila melihatnya, setelah mengidentifikasi makanan tersebut maka jauhkan mereka dari dekat Anda. Jangan membawa makanan junk food / cemilan ke rumah, karena jika makanan tersebut tidak tersedia di rumah akan membuat keinginan untuk ngemil tidak terlintas dalam pikiran Anda.
  3. Latih diri Anda untuk menahan nafsu makan. Bila Anda merasa ingin ngemil maka cobalan tahan keinginan tersebut selama setengah sampai satu jam, bila waktunya habis dan masih merasa ingin ngemil, makanlah dalam jumlah sedikit saja. Latihan ini sangat efektif karena hasrat untuk ngemil biasanya tidak bertahan lebih dari 20 – 30 menit sehingga saat kita menahannya maka hasrat ngemil hilang dengan sendirinya.
  4. Bila Anda merasa setiap saat harus ngemil sesuatu yang manis, maka sebaiknya memilih untuk memakan buah seperti kurma, anggur, kismis, yogurt, blueberry, dll ketimbang snack yang memiliki lemak dan kalori tinggi.
  5. Bila Anda merasa setiap saat harus ngemil sesuatu yang manis, maka sebaiknya memilih untuk memakan buah seperti kurma, anggur, kismis, yogurt, blueberry, dll ketimbang snack yang memiliki lemak dan kalori tinggi.
  6. Lakukan kegiatan untuk menghilangkan pikiran dari keinginan untuk ngemil. Kebiasaan ngemil biasanya dilakukan saat orang tidak memiliki kegiatan atau sedang sendiri saja, oleh karena itu sebaiknya isi waktu Anda dengan pergi berjalan-jalan dengan teman, merapikan lemari, bersih-bersih, olahraga ringan atau apa saja yang dapat melupakan Anda dari napsu makan berlebih.
  7. Banyak orang mulai ngemil saat mereka tidak bahagia, gagal, putus asa, ataupun putus cinta sebagai pelarian untuk menghilangkan stress atau sekedar membuat dirinya menjadi nyaman untuk sementara. Jadi, berusahalah tidak makan ketika merasa emosi tapi carilah cara lain seperti curhat dengan teman, berekreasi, atau melakukan kegiatan lain yg dapat menyenangkan hati.
Semoga cara-cara tersebut tadi bisa membantu kamu dalam menjaga keindahan tubuh seperti yang kamu inginkan. Selamat Mencoba dan semoga berhasil ...
Share on Google Plus

About Unknown

Terima kasih telah berkunjung di blog kami, mudah-mudahan informasi yang kami sampaikan bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar positif.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment