Tips Menghindari Susah Tidur Malam

Tips menghindari susah tidur malam - Pernah kamu merasakan untuk susah tidur ketika di malam hari. Dan ketika di siang hari, kondisimu menjadi mudah lelah dan merasa sering mengantuk. Hal tersebut disebabkan karena porsi istirahat/tidurmu kurang. Tidur sehat mempunyai durasi selama 7 jam, jika pada saat malam hari tidurmu tidak selama 7 jam, itu berarti ada yang harus kamu perbaiki dalam dirimu. Supaya kamu memiliki tidur yang cukup dan kesehatanmu dapat terjaga. 

Tips Menghindari Susah Tidur Malam

Terkadang kurang tidur itu bukan karena manusianya yang hobi kurang tidur, akan tetapi karena merasa susah untuk tidur. Biasanya ada beberapa hal yang mempengaruhi seseorang untuk susah tidur. Namun, hal tersebut harus dibiasakan untuk memiliki jadwal istirahat malam yang rutin supaya kesehatan kita dapat terjaga. 

Jika kamu memiliki aktivias yang sangat padat di siang hari, tidur cukup dimalam hari adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi aktivitasmu di siang hari. Setidaknya jika kamu memiliki cukup tidur pada malam hari, di siang hari, tubuh kamu bisa fresh dan bersemangat untuk beraktivitas serta tubuh tidak mudah capek dan merasa mengantuk. 

Masala susah tidur ini sebenarnya bisa diatasi jika kita mempunyai keinginan yang kuat. Namun, jika tidak ada niatan untuk menjaga kesehatan tubuh untuk beraktivitas pada siang hari, maka kebiasaan buruk begadang di malam hari tidak akan sembuh begitu saja. Jika kamu memiliki masalah susah tidur di malam hari, berikut ini ada beberapa solusi yang dapat kamu ikuti:

Buat Jadwal Tidur Malam

Untuk mengatasi susah tidur pada malam hari, solusi yang pertama yaitu kamu harus membuat jadwal tidur setiap hari, misalnya setiap jam 21.00 kamu sudah berada di tempat tidur dan lampu sudah dimatikan serta semua peralatan elektronik dimatikan. Pada saat awal-awal membiasaka tidur pada jam yang dirasa masih sore sangatlah susah sekali. Namun, lama kelamaan kamu akan terbiasa dengan jadwal tidur tersebut dan bisa memulihkan tubuh untuk beraktivitas di siang hari. 

Jaga Pola Makan dan Minum

Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat seseorang untuk susah tidur. Apabila kamu sering menkonsumsinya, maka otomatis akan memberikan dampak pada tubuhmu menjadi susah untuk tidur. Salah satunya yaitu Kopi, Nikotin dan minuman yang mengandung alkohol. Meskipun alkohol dapat membuat kamu ngantuk dan cepat tertidur, tapi efek sampingnya tidak bagus buat tubuh dan akan terasa pada malam selanjutnya. 

Batasi Tidur Siang 

Orang yang merasakan susah tidur ketika di malam hari bisa saja diakibatkan karena pada siang hari dirinya tidur terlalu lama. Jadi, ketika malam tiba otomatis tubuh akan susah untuk ditidurkan dan rasanya pengen beraktivitas terus. Jika kamu mempunyai kebiasaan tidur siang yang berlebihan, maka mulai dari sekarang batasilah tidur siangmu, cukup 30 - 60 menit saja. 

Rajinlah Berolahraga dan Beraktivitas

Dengan berbagai aktivitas yang padat di waktu siang hari, tubuh kamu akan merasa lelah dan capek, sehingga pada malam hari akan merasa mengantuk sekali dan bisa tertidur pulas. Selain itu, dengan berolahraga secara teratur dapat menghilangkan susah tidur di malam hari. Karena tubuh butuh istirahat. Jika kamu susah tidur di malam hari, maka berolahragalah yang teratur, pasti kamu akan merasakan manfaatnya. 

Kelola Stress

Stress karena pekerjaan yang tidak kunjung selesai dan berbagai tekanan dari lingkungan kita dapat membuat tubuh susah tidur di malam hari, karena otak masih bekerja terus menerus. Maka dari itu, biasakan ketika malam hari buatlah tubuh kamu menjadi rileks, santai dan damai. Buanglah pikiran-pikiran negatif tentang segala sesuatu mengenai pekerjaan kamu, masalah kamu dan lain sebagainya. Dengarkan musik-musik klasik dan romantic untuk membantu merelaksasi pikiran kamu. 

Itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu merasakan susah tidur di malam hari, padahal di siang hari aktivitas yang padat menunggu kamu. Beberapa solusi di atas dapat diterapkan dengan teratur dan harus disertai dengan niat dan tekad yang kuat. Karena bisa saja, susah tidur malam itu adalah suatu hobby. Jika hal yang buruk sudah menjadi hoby, maka susah untuk keluar dari kebiasaan tersebut. 

Sekian Terimakasih...

Share on Google Plus

About Unknown

Terima kasih telah berkunjung di blog kami, mudah-mudahan informasi yang kami sampaikan bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar positif.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment